Pelabuhan Tanjung Adikarto Yogyakarta

Cari Artikel Gratis di sini

Pelabuhan Tanjung Adikarto Yogyakarta

Pelabuhan Tanjung Adikarto Yogyakarta

Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, optimistis Pelabuhan Ikan Tanjung Adikarto dapat beroperasi pada akhir 2011. Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kulon Progo, Sabar Widodo, di Wates, Sabtu, mengatakan, meskipun demikian kapal yang bisa bersandar di Pelabuhan Tanjung Adikarto masih dengan ukuran berat antara 10 grosston hingga 20 grosston.



"Kami yakin, pelabuhan ikan Tanjung Adikarto bisa dioperasikan pada akhir 2011. Kapal yang bersandar yakni ukuran berat 10 grosston hingga 20 grosston karena pasirnya belum dikeruk," katanya.

Ia mengatakan, pada akhir 2011, kapal besar ukuran di atas 100 grosston belum dapat berlabuh karena di kolam kapal masih belum dilakukan pengerukan.

"Kalau kapal besar ditargetkan bisa masuk akhir 2011, maka kolam kapal harus dilakukan pengerukan mulai dari sekarang. Tapi permasalahannya dananya tidak ada, padahal untuk pengerukan pasir membutuhkan anggaran yang sangat besar," katanya.

Lebih lanjut,ia mengatakan, biaya pengerukan kolam kapal menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi dan pusat.

"Untuk itu pemerintah provinsi dan pusat harus menyiapkan dana untuk pengerukan kolam kapal tersebut," katanya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sudiyanto mengatakan keberadaan pelabuhan ini masih mmebutuhkan penambahan sarana dan prasarana pendukung.

"Khusus untuk mendukung pelabuhan membutuhkan penambahan dana hingga Rp30 miliar. Dana ini belum termasuk untuk membangun pemecah ombak dan pengerukan endapan yang diperkirakan menghabisakan dana Rp 75 miliar," katanya.

Sementara itu Kades Karangwuni Kecamatan Wates, Sutarman mengatakan sampai saat ini belum ada kesepakatan harga ganti rugi atas tanah untuk jalan masuk menuju Pelabuhan Tanjung Adikarto.

"Warga minta setiap meter tanahnya diberikan ganti rugi Rp300 ribu. Sedangkan Pemkab Kulon Progo hanya bersedia memberikan Rp200 ribu,"katanya.

News Source : http://id.berita.yahoo.com/pemkab-optimistis-tanjung-adikarto-beroperasi-akhir-2011-075211090.html

Baca komentar